Gudang Garam (GGRM) – BUY (Maintain)
Price: Rp78,200 – Target Price: Rp87,700

Image result for gudang garam

Akhmad Nurcahyadi
Senior Research Analyst PT Samuel Sekuritas Indonesia| 

Laba bersih yang masih bertumbuh YTD18 ditengah kontinuitas tekanan sektor, kami lihat akan kembali berlanjut hingga 19F, didorong oleh tiga sentimen utama: (1) jelang tahun pemilu (2) ragam program pemerintah bantuan langsung tunai dan terutama (3) ekspektasi batalnya kenaikan cukai 19F. Semua hal tersebut akan menjadi main growth story di 19F yang akan menjaga pertumbuhan laba bersih dan potensi mendorong marjin tercatat lebih baik YoY. Sejak rilis report terakhr kami (31 Oktober 2018) saham GGRM telah naik +8.5% ke level Rp78.550 dan mendekati TP kami Rp81.000. Tetap BUY GGWM dan menaikan TP menjadi Rp87.700/saham, 18,9xP/E19E, 3,1xPBV19E.

Historis dan FY19E. Secara historis, volume penjualan industri rokok terbilang flat dan baru tercatat turun di 17A -2.6%YoY dari +0.5%YoY di tahun sebelumnya (FY16A). Tanpa kehadiran beberapa katalis baru, kami memproyeksikan penjualan industri FY19E -0.15%YoY, didorong oleh stabilnya konsumsi dan tingkat prevelensi perokok yang masih tinggi dan harga rokok yang masih terjangkau (dengan katalis baru +0.21%YoY).

Ekspektasi 19E dengan beberapa katalis baru. Tahun depan akan lebih unik dibanding FY18E. Beberapa katalis baru adalah: (1) jelang tahun pemili yang potensi mendorong konsumsi lebih tinggi YoY (2) ragam program bantuan langsung tunai yang potensi meningkatkan konsumsi (data historis menunjukan dari total perokok mayoritas adalah rakyat miskin dan belanja rokok lebih tinggi dari belanja beras). Selan 2 katalis tersebut kami juga melihat potensi tertundanya penerapan ppn di seluruh rantai distribusi yang dapat kembali tertunda dan dampak minor kenaikan potongan pajak rokok untuk menutupi defisit BPJS akan menjadi dua tambahan katalis.

Batalnya kenaikan cukai sebagai katalis utama. Selain mendapatkan 2katalis baru dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, statement Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang membatalkan kenaikan cukai rokok atau tetap sama di FY19F akan menjadi katalis utama pendorong kinerja pertumbuhan emiten dari level gross profit hingga pada net profit termasuk potensi marjin yang lebih tinggi YoY.

Mempertahankan BUY. Beban cukai selama ini berkontribusi sangat tinggi (lihat report sektor dan emiten kami sebelumnya) pada total beban COGS dan menjadi salah satu kunci penting kinerja pertumbuhan dan marjin laba bersih. Batalnya kenaikan cukai mendorong kami melakukan revaluation pada emiten GGRM (lihat tabel belakang) dan menghasilkan TP yang lebih tinggi. Resiko investasi antara lain: (1) volume penjualan jauh dibawah proyeksi (2) kontinuitas kampanye anti rokok dan (3) ragam kebijakan pemerintah baru untuk menekan angka perokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here