IPO Summary: PT Sentral Mitra Informatika Tbk: Printing Money by Selling Printers

0
22

Perseroan didirikan pada 2008 dengan bisnis utama perdagangan dan dukungan layanan perangkat keras teknologi khususnya printer. Sentral Mitra Informatika (SMI) dalam dua tahun terakhir menjalankan bisnisnya dengan gross margin yang stabil di angka 20%. Selain itu perseroan terlihat lebih efisien di 2017 karena marjin operasional berhasil naik dari 6,5% menjadi 13,9%. Namun marjin operasional dan marjin bersih perseroan turun di tahun 2018 karena peningkatan beban administrasi.

Risiko Perseroan

  • Hubungan dengan prinsipal (Hewlett-Packard)
  • Gagal bayar pelanggan
  • Kecepatan perkembangan teknologi
  • Fluktuasi mata uang

Valuasi
Berdasar laporan keuangan Mei 2018, penjualan SMI turun 10,55% dari periode yang sama di tahun 2017. Meskipun pendapatan dari sewa naik 14,9%, namun karena porsinya yang kecil sehingga tidak mampu menahan penurunan penjualan keseluruhan. Kami proyeksikan penjualan SMI di akhir 2018 sebesar Rp 87,4 miliar rupiah.

Kami menggunakan Price-Earnings (P/E) ratio untuk menilai harga wajar perseroan dengan membandingkan P/E perusahaan sejenis pada sektornya. EPS perseroan diperkirakan akan berada di level Rp 11,37 perlembar saham dengan P/E 22,9 kali dari harga terendah yang di tawarkan Rp 260 perlembar saham; berbanding 44,42x dari P/E Value sector Perdagangan, Jasa dan Investasi. Sehingga fair value saham perseroan akan berada di level Rp. 640 perlembar saham jika divaluasikan menggunakan P/E sektoral
pada IPO Valuations. Rating BUY kami tempatkan dengan potensi upside 146,15% untuk 12 bulan kedepan setelah IPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here