CPIN – Results note: 3Q18 above estimates

0
8

Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) – Under Review

Price: R5,450 – Target Price: Rp Under Review

  • Pendapatan berada relatif sesuai dengan estimasi 
  • Laba bersih berada di atas estimasi

Marlene Tanumihardja
Research Analyst

Pendapatan berada sesuai dengan estimasi. Pada 9M18CPIN mencatatkan pendapatan sebesar Rp39..4 triliun (+5%YoY dan flat secara QoQ). Pertumbuhan penjualan perusahaan turut didorong oleh: 1). Mulai stabilnya harga DOC dan Broiler jika dibandingkan dengan tahun lalu, turut terbantu dengan campur tangan pemerintah, di mana pemerintah telah melarang penggunaan AGP sejak awal 2018 sehingga menyebabkan tertekannya suplai di pasar, 2). Mulai pick up nya volume penjualan perusahaan secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara itu, turunnya pendapatan secara QoQ lebih disebabkan oleh faktor high base pada 2Q18 seiring dengan datangnya momentum Lebaran, sementara harga ayam cenderung lemah pasca Lebaran serta menjelang datangnya bulan Suro yang jatuh sekitar pada 3Q18.

Laba bersih berada di atas estimasi. Pada 9M18, CPIN mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3.5triliun ( +80%YoY dan -28%QoQ), (lihatFigure 1) dan secara keseluruhan berada di atas estimasi. Naiknya laba bersih secara YoY disebabkan oleh: 1). Kenaikan penjualan, 2).Turunnya beban pokok penjualan yang telah berlangsung sejak 1Q18 (meskipun cenderung naik sejak awal 3Q18, seiring dengan tertundanya proses panen raya) selain itu, peningkatan produktivitas dan luas tanam lahan jagung pada 9M18 ini juga turut mendorong laba kotor perusahaan jika dibandingkan pada 9M17 lalu, 2). Kenaikan pada marjin segmen Broiler dan DOC, sejak awal tahun ini, yang turut didorong oleh harga kedua komoditas tersebut yang relatif lebih stabil, jika dibandingkan 9M17 lalu. Adapun penurunan laba bersih secara QoQ lebih dikarenakan oleh flat – nya penjualan dan kenaikan beban pokok penjualan, meskipun beban operasional, beban non operasional, dan pajak cenderung lebih rendah daripada 2Q18.

Valuasi dan rekomendasi. Kami Under Review TP untuk saham CPIN mengingat keterbatasan upside dari TP sebelumnya (Rp5,500). Pada saat ini, CPIN diperdagangkan pada 23.4x PE (‘19E). CPIN memiliki beberapa katalis unggulan, antara lain: besarnya kas internal perusahaan, ekspansi yang tidak terlalu agresif, serta eksposur yang rendah terhadap dolar AS (setidaknya jika dibandingkan dengan perusahaan unggas lainnya dalam coverage kami).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here