Cara melihat efisiensi sebuah perusahaan

0
23

Sebuah perusahaan berdiri untuk memaksimalkan nilai bagi pemegang saham, dimana salah satunya tercermin dari memaksimalkan profit perusahaan. Keuntungan ini dihasilkan dari operasi perusahaan, dimana untuk melakukan operasi tersebut di butuhkan investasi pada aset.

Aset merupakan kekayaan perusahaan, dan aset itu dapat berupa aset lancar dan aset tetap. Aset lancar merupakan modal kerja perusahaan sedangkan aset tetap merupakan kekayaan jangka panjang perusahaan dan dianggap lebih berisiko.  

Perlu kita pahami bersama bahwa setiap aset yang dimiliki perusahaan merupakan investasi perusahaan. Dan setiap investasi memerlukan biaya modal (cost of fund) yang harus di bayar kedepannya. Sumber modal bisa dari pemegang saham maupun dari hutang pada pihak ke tiga. Karena itu efisiensi penggunaan aset tersebut untuk menghasilkan penjualan perlu di ukur dan dipahami.

Efisiensi kali ini di ukur dengan rasio aktifitas atau sering juga disebut turnover atau asset utilization. Aktifitas perusahaan biasanya dikaitkan dengan jangka waktu terkait investasi aset tersebut. Secara umum aset dapat di klasifikasi menjadi

  • Aktifa lancara dimana dianggap investasi jangka pendek karena aset di gunakan aktifitas rutin perusahana (short term activity)
  • Aktifa tidak lancar atau tetap dianggap inevestasi jangka panjang karena aset tertanan dalam jangka waktu yang lama di dalam perusahan (long term activity).

Beberapa ratio yang tergabung dalam short term activity adalah

  • Inventory Turnover (perputaran persediaan)
  • Receivable Turnover (perputaran piutang dagang)
  • Payable Turnover (perputaran hutang dagang)

Invesntory turnover (perputaran persediaan) adalah bagaimana perusahaan menyediakan persediaan untuk mendukung penjualan. Tentu saja rasio ini hanya dapat diikur pada perusahaan yang memiliki persediaan yang jenis usahanya perdagangan dan manufaktur. Karena persediaan dicatat atas dasar cost atau tidak ada margin maka rasio ini dukur dengan harga pokok penjualan (cost of goods sold atau cost of merchandise sold).

Rasio ini bicara berapa kali persediaan berputar dalam satu tahun atau dalam berapa lama sebuah persediaan habis karena digunakan untuk produksi atau di jual. Efektifitas perusahaan mengatur atau mendendalikan persedian menekan biaya penyimpanan dan menunjang efektifitas penjualan. Untuk mempermudah pemahami dikenal average number of days inventory in stock dimana dihitung berapa kali dalam setahun perputaran persediaan terjadi.

Receivable turnover (perputaran piutang usaha) adalah kemampuan perusahaan dalam mengangai penjualan kredit dan efektifitas kebijakan penjualan kredit. Saat ini hampir semua penjualan dilakukan secara kredit karena kemajuan industri perbankan dan untuk meningkatkan penjualan. Penjualan kredit menimbulkan piutang usaha yang punya risiko tidak dibayar atau di tunda pembayarannya. Piutang usaha sudah memasukan unsul margin karena itu sales digunakan untuk perhitungan rasio ini. 

Rasio ini bicara berapa kali piutang usaha tertahan di pelanggan dalam satu tahun. Efektifitas pengendalian dan kebijakan piutang usaha meningkatkan kesehatan perusahaan yang ujung pada laba perusahaan. Untuk mempermudah pemahami dikenal average number of days receivable outstanding dimana dihitung berapa kali dalam setahun perputaran piutang usaha terjadi. Ingat yang dihitung hanya piutang usaha atau dagang karena hanya piutang ini yang masuk dalam siklus bisnis. 

Payable Turnover (perputaran hutang usaha) untuk mengetahu seberapa sering utang usaha berputar atau bagaiman perusahaan mengunakan dana pemasok (kreditur) yang tidak atau bebas berbunga untuk beroperasi. Pembelian bahan baku atau barang dagangan secara hutang menghemat kas perusahaan. Rasio ini harusnya diukur dengan mebandingkan pembelian kredit dengan hutang usaha, tetapi bila tidak tersedia data dapat ditukar dengan  harga pokok penjualan (cost of goods sold atau cost of merchandise sold).

Rasio ini bicara berapa lama hutang usaha berputar dalam satu tahun atau dalam berapa lama perusahaan mengunakan dana pemasok (kreditur). Untuk mempermudah pemahami dikenal average number of days payable outstanding dimana dihitung berapa kali dalam setahun hutang usaha terjadi.

Sedang ratio yang tergabung dalam long term activity adalah

  • Fixed Asset Turnover (perputaran aktifa tetap)
  • Total Asset Turnover (perputaran total aset)
  •  

Fixed Asset (aset tetap) adalah sarana yang digunakan untuk menghasilkan pejualan. Kateristik yang melekat antara lain umur aset panjang (lebih dari satu tahun), biasanya nilainya besar (tertutama perusahaan maufaktur) dan seringkali menggunakan pendanaan pihak ketiga (punya cost of capital)

Fixed asset turnover menunjukan seberapa efektif perusahana melakukan investasi pada aktifa tetap untuk menunjang penjualan. Bila di bandingkan dari priode ke priode kita dapat mengukur apakah investasi jangka panjang perusahaan dalam bentuk aset tetap sudah tepat atau tidak.

Terakhir Total Asset Turnover (perputaran total aset), merupakan ukuran perputaran seluruh aset perusahaan. Rasio ini cukup sering digunakan karena menyankut keseluruhan aset, sehingga dapat mengukur efektifitas atau ketepatan perusahaan melakukan investasi baik di aset jangka pandek maupun aset jangka panjang..

Rasio ini dapat digunakan disemua jenis usaha karena menunjukan dukungan seluruh aset untuk memperoleh penjulan. Dalam perhitungan ROI (Return on Investment) dan ROA (Return on Asset) secara mendalam, rasio Total Asset Turnover di pakai.

Ratio-ratio diatas adalah ukuran untuk mengukur efektifitas perusahaan dalam melakukan investasi baik di jangka pendek maupun jangka panjang. Harus kita sadari bersama bahwa setiap investasi punya konsekunesi risiko dan biaya modal yang membebani perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Karena itu dalam melakukan investasi kita harus mempelajari apakah perusahaan sudah melakukan investasi dengan tepat dari waktu ke waktu. Ketepaan itu di lihat dari perbaikan ratio-ratio diatas dari waktu ke waktu.

Hans Kwee, CSA | Direktur Investa Saran Mandiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here