Istilah umum dalam aplikasi online trading

Home » Wiki » Istilah umum dalam aplikasi online trading
September 30, 2018 Wiki No Comments

Online trading memungkinkan investor dapat melakukan transaksi dimanapun, kapanpun (selama jam transaksi bursa), dan dapat dilakukan secara langsung tanpa harus melalui perantara broker. Online trading merupakan fasilitas perdagangan saham yang terkoneksi langsung dengan sistem perdagangan Jakarta Automated Trading System Next Generation (JATS-NextG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa istilah yang ada di dalam sistem transaksi perdagangan saham secara online tersebut;

Running Trade: Menu di dalam sistem online trading yang menampilkan pergerakan transaksi saham di BEI secara seketika atau real time.

Interest Stock: Menu yang memungkinkan investor untuk memantau pergerakan saham yang menjadi pilihan, disini investor dapat memantau beberapa saham pilihannya sekaligus.

Stock Price: Melalui menu ini, investor dapat mengetahui catatan transaksi dari suatu saham  dan berisi informasi broker-broker mana saja yang mentransaksikan saham tersebut.

Broker Transaction Details: Menu yang berisikan ringkasan seluruh transaksi dari suatu broker serta saham-saham apa saja yang ditransaksikan

Historical Price: Menu untuk menampilkan harga suatu saham sekaligus untuk melihat harga open (harga pembukaan), high (harga tertinggi), low (harga terendah), dan last (harga saat penutupan), dalam periode harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Ranking:  Investor dapat mengetahui peringkat dari suatu saham atau broker, misal: Top Gainer (saham dengan kenaikan harga tertinggi), Top Loser (saham dengan penurunan terbesar), Top Frequency (frekuensi teraktif), Top Volume (volume tertinggi), dan Top Value (nilai transaksi tertinggi), dan lainnya.

Chart: Menu untuk menampilkan berbagai macam grafik untuk keperluan analisis teknikal.

Foreign Exchange & World Index: Menu yang berisi informasi mengenai nilai tukar mata uang asing dan index harga saham dari bursa regional dan internasional.

Order: Dalam menu ini investor dapat melakukan permintaan Buy (Beli), Sell (jual), Amend (pembatalan transaksi), dan Withdraw (penarikan dana) serta dicantumkan juga Margin Ratio (batas fasilitas marjin yang diberikan broker).

Portfolio: Menu yang menampilkan kondisi portofolio saham yang dimiliki investor dan untuk mengetahui kondisi dana yang dimiliki.

History Stock Trade: Menu yang memungkinkan investor mengetahui seluruh transaksi yang telah dilakukan.

Stock Composite: Menampilkan indeks harga saham gabungan yang berisikan perubahan nilai indeks (change), jumlah saham yang harganya naik (up), jumlah saham yang tetap, jumlah saham turun, frekuensi (frequency), volume (volume), dan nilai perdagangan (value).

Kelebihan online trading ini adalah transaksi jual beli saham dapat dilakukan dengan lebih cepat dibanding dengan cara konvensional. Investor bertindak langsung untuk memasukkan sendiri kode saham yang diinginkan, harga, dan volumenya ke dalam sistem perdagangan. Namun, perlu diingat, semua risiko dalam tindakan dan keputusan transaksi dalam fasilitas ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab investor. Happy Trading!!!

Leave a Reply