Menjadi investor

Untuk menikmati goyangan di pasar saham, investor tentu harus masuk dulu sebagai investor. Eh, tapi apakah Anda sudah menjadi investor di pasar saham? Proses menjadi investor sebenarnya cukup sederhana.

Anda tak perlu datang ke BEI membawa-bawa segepok uang sambil memasukkannya ke loket bursa dan memanfaatkan mesin perdagangan di bursa untuk bertransaksi karena semua transaksi sudah dilakukan melalui sekuritas.

Anda juga tak perlu mencari broker di bursa yang menjajakan saham sambil berjalan wira-wiri karena sekuritas sudah banyak yang membuka cabang di dekat domisili Anda, meskipun ada beberapa yang memang membuka cabang dan kantor pusatnya di kawasan SCBD itu. Apalagi, transaksi setor dana dan semacamnya kan bisa dilakukan lewat transfer dari mana saja.

Minimum dana untuk disetorkan sebagai dana cadagangan pun sekarang sudah semakin rendah. Dengan dana minimal Rp10 juta saja maka Anda sudah bisa jadi investor, cukup dengan menghubungi atau mendatangi langsung sekuritas di dekat tempat tinggal atau kantor.

Prosesnya juga cukup mudah. Tinggal mengisi dua formulir: satu tentang kesediaan bertransaksi, penyetoran dana, settlement, dan rekening efek sekitar enam lembar. Formulir kedua terdiri dari isian pembukaan rekening dana di bank yang sudah bekerja sama dengan sekuritas yang biasanya terdiri dari empat lembar.

Keduanya tentu ditambah tanda tangan di atas materai sebagai tanda tangan basah. Selesai. Prosesnya tinggal menunggu rekening efek sekuritas dan rekening dana di bank jadi.

Setelah Anda memiliki rekening efek dan dana, maka Anda akan dikirimi kartu AKSes dari KSEI yang mempersilahkan Anda untuk mengkroscek posisi dana dan efek yang dimiliki di sekuritas secara mandiri guna menghindari potensi kesalahan dan potensi kejahatan.

Di beberapa sekuritas bahkan sudah memanjakan investornya yang sibuk, sehingga prosesnya lebih mudah lagi. Investor tinggal menghubungi sekuritas maka pihak sekuritas yang langsung menemui Anda, dilengkapi dengan formulir siap isi, bahkan juga materai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here