Kementerian Perdagangan melalui Peraturan Menteri No 07/2018 yang ditandatangani pada 12 Januari 2018 mengumumkan bahwa mereka akan membolehkan pelaku industri semen untuk mengimpor klinker dan semen. Peraturan baru ini akan menguntungkan Anhui Conch karena selama ini mereka mengandalkan pemain lokal untuk mendapatkan klinker mereka.

Allowing import of clinkers for players with an integrated plant. Mengizinkan impor klinker dengan pabrik terintegrasi.

Kementerian Perdagangan berdasarkan peraturan No 7/2018 yang ditandatangani pada 12 Januari 2018 memungkinkan pengimporan klinker dengan syarat bahwa pemain industri semen memiliki pabrik produksi yang terintegrasi dan nomor identifikasi yang valid untuk impor (API-P).

Klinker impor hanya dapat digunakan untuk membantu produksi semen dan tidak boleh dijual kepada pihak lain. Sementara itu, peraturan baru juga memungkinkan pemain semen untuk mengimpor semen selama mereka memiliki nomor identifikasi publik yang valid untuk impor (API-U). Pelaku yang tidak mematuhi peraturan akan didenda dan lisensinya dapat dicabut.

The regulation overrides the letter published by Ministry of Trade in 2016. Aturan itu mengesampingkan aturan Peraturan Menteri Perdagangan yang terbit sebelumnya pada 2016.

Kami mencatat bahwa aturan itu mengesampingkan aturan yang terbit pada Dec16, yang mengharuskan pelaku industri semen untuk membeli clinker lokal. Saat itu, Kementerian Perdagangan mencatat bahwa aturan itu didasari tujuan mendukung Asosiasi Semen Indonesia, untuk melindungi industri domestik, dan mengurangi defisit neraca berjalan.

Who are the winners and losers? Siapa yang diuntungkan dan dirugikan aturan itu?

Aturan itu akan paling menguntungkan bagi Anhui Conch karena perusahaan sudah berjuang untuk mengamankan jumlah clinker yang cukup setahun terakhir ketika Kementerian Perdagangan melarang impor pada 2016, khususnya di Jawa Barat.

Sepanjang 2017, Anhui Conch menggantungkan diri dari pelaku industri lokal untuk suplai clinkernya, termasuk PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP, Rp18.825, SELL, TP Rp15.300) yang menjual 650.000 ton clinker kepada produsen semen lain pada 2017.

Secara kontras, pihak yang paling dirugikan dari aturan itu adalah pelaku industri lokal yang akan menghadapi strategi agresif Anhui Conch meningkatkan pangsa pasar dengan cara memangkas harga semen.

Sekarang, setelah larangan impor dicabut, tiga produsen semen teratas tidak lagi memiliki kontrol terhadap produksi semen Anhui Conch karena saat ini Anhui Conch dapat mengimpor clinker lagi.

Maintain Underweight on the Sector. Kami masih tetap merekomendasi underweight untuk sektor semen.

Kami masih tetap berhati-hati di sektor semen karena kondisi oversupply yang sedang terjadi dan kami meyakini rerata harga jual (ASP) akan berlanjut di bawah tekanan, terutama sekarang ketika larangan impor semen sudah dicabut. Kami masih tetap merekomendasi SELL dan TP Rp15.300 untuk INTPdan NEUTRAL dan TP Rp10.300 untuk PT Semen Indonesia Tbk (SMGR, Rp10.300). (Priscilla Thany/Riset Mandiri Sekuritas)

__._,_.___