Bogor, 21 November 2015 – Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantaramenggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar rakyat di Indonesia. Festival Pasar Rakyat kembali diselenggarakan di Pasar Kebon Kembang atau yang lebih dikenal dengan Pasar Anyar di kota Bogor, Jawa Barat ini merupakan yang keenam kalinya bertepatan dengan Hari Ikan Nasional.

“Jika kita datang ke sebuah daerah baru, datanglah ke pasar rakyat karena disanalah etalase terlengkap yang menceritakan kekayaan komoditas di daerah tersebut. Pasar rakyat ini merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya. Kita harus bangga jika mampu melestarikan dan memajukan pasar rakyat sebagai karakter bangsa Indonesia. ” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Bogor. Hadir dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Kebon Kembang, Dr. Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor; Andri Latif A. Mansjoer, Direktur Utama PD Pakuan Jaya; Herry Hykmanto, Direktur Syariah Danamon; Swandajani Gunadi, Direktur Sumber Daya Manusia PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance), Made Sukada, Komisaris Independen Danamon; Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; serta Henny Gunawan, Regional Corporate Officer Danamon Wilayah I Jabodetabek, Cilegon, Serang, dan Lampung.

Restu Pratiwi menambahkan, “Kami beruntung sekali mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bogor dan PD Pasar Pakuan Jaya dalam menjalankan kampanye Jelajah Pasar Rakyat Nusantara ini. Selaku pemerintah kota dan pengelola pasar rakyat di kota Bogor, PD Pasar Pakuan Jaya memiliki semangat yang sama dengan Yayasan Danamon Peduli. Kerja sama ini menghasilkan makin berkembangnya ragam komoditas di pasar rakyat Kebon Kembang, dari sayuran, produk jadi berkualitas ekspor seperti sepatu tas dan pakaian tersedia di pasar. Tidak berlebihan jika kita posisikan bahwa pasar rakyat adalah etalase terbesar kekayaan komoditas suatu daerah.”

Kegiatan Festival Pasar Rakyat merupakan bentuk aksi nyata dari upaya Danamon dalam mendukung promosi pasar yang digelar di banyak kota di Indonesia. Hingga saat ini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang, Banten; Pasar Kembang, Surabaya, Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Pasar Ngasem, Yogyakarta dan Pasar Lama, Tangerang. Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberikan dukungan dana lebih dari Rp 1 miliar.

Melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli berupaya membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya serta lebih dari sekadar tempat transaksional semata. Dalam rangkaian kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Kebon Kembang ini, digelar acara jalan sehat dan gerakan pungut sampah, berbagai lomba kreatif yang melibatkan pedagang dan pelajar, memasak olahan ikan bersama Zidan Junior Masterchef Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional, penampilan seniman Bogor, kuliner legendaris Bogor, talkshow dan kelas literasi keuangan bernama Pojok BISA.

Pada kesempatan terpisah, Satinder Pal Singh Ahluwalia, Direktur Perbankan Mikro Danamon menjelaskan bahwa melihat pentingnya fungsi pasar di dalam perekonomian, Danamon Simpan Pinjam (DSP), yang merupakan unit usaha mikro Danamon, berkomitmen untuk membantu perkembangan usaha para pedagang pasar melalui layanan perbankan yang mudah dijangkau.

“Dengan pengalaman selama lebih dari 11 tahun bermitra dengan para pedagang pasar, kami sadar bahwa fungsi kami melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah saja namun juga merangkul sebagai penggerak perekonomian. Melalui Danamon Simpan Pinjam, selaras dengan visi Danamon yaitu ‘Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan’ serta semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia, kami juga memberikan bantuan program edukasi dengan nama ‘Pojok BISA’ yang ditujukan untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam perencanaan keuangan bagi mitra pedagang pasar. Tujuan kegiatan ini agar para pedagang pasar dapat merencanakan keuangannya menjadi lebih baik sehingga hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan,” tambah Ahluwalia.

Foto 1.

Sinergi. Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Andri Latif A. Mansjoer, Direktur Utama PD Pakuan Jaya (kiri) disaksikan Bima Arya, Walikota Bogor (kedua dari kanan) dalam acara Festival Pasar Rakyat ke-6 yang digelar di Pasar Kebon Kembang (21/11) di Bogor. Pemerintah Daerah Bogor bersama Yayasan Danamon Peduli melestarikan, memajukan dan meningkatkan kekayaan komoditas pasar rakyat.

Foto 2.

Pasar Rakyat. Andri Latif A. Mansjoer, Direktur Utama PD Pakuan Jaya (kiri); Swandajani Gunadi, Direktur Sumber Daya Manusia Adira Finance (kedua dari kiri); Bima Arya, Walikota Bogor (ketiga dari kiri); Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Peduli (ketiga dari kanan); Herry Hykmanto, Direktur Danamon Syariah (kedua dari kanan); Made Sukada, Komisaris Independen Danamon (kanan) berfoto bersama dalam acara Festival Pasar Rakyat ke-6 digelar di Pasar Kebon Kembang (21/11) di Bogor. Yayasan Danamon Peduli mengucurkan dana lebih dari Rp. 1 Miliar untuk kegiatan promosi Pasar Rakyat.

151121 COM PRESS RELEASE FESTIVAL PASAR KEBON KEMBANG_FINAL_PA.pdf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here