Pemerintah hanya sanggup menanggung 30% dari total proyek pembangunan re kereta Jawa – Papua senilai Rp 220 triliun. Berdasarkan kebutuhan anggaran dalam 5 tahun sebesar Rp 220 triliun, maka seharusnya Kementerian Perhubungan mendapat anggaran kira-kira Rp 40 triliun – Rp 50 triliun per tahun.

Namun, anggaran yang diterima justru jauh lebih kecil sehingga realiasasi pembangunan rel untuk periode 2015-2016 belum optimal. (Detik.com)

  • Dalam satu bulan terakhir, saham Freeport-McMoran Inc (FCX) di Bursa Efek New York, Amerika Serikat (AS) terjun bebas dari posisi US$11,75 menjadi US$8,3 pada penutupan perdagangan kemarin. Berdasarkan data bursa AS, saham Freeport anjlok hingga 29,83% pada bulan ini.
  • Berdasarkan catatan, ada berbagai faktor yang mendorong anjloknya saham Freeport di pasar Global. Beberapa pihak menilai kisruh Freeport di Indonesia menjadi salah satu penyebab anjloknya saham Freeport-McMoran tersebut. (Kontan.co.id)
  • Harga kontrak minyak dunia diperdagangkan mendekati level US$43 per barel pada hari ini (25/11). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 12.27 waktu Hong Kong, harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 7 sen menjadi US$42,94 per barel. Kemarin, harga kontrak minyak yang sama melonjak US$1,12 menjadi US$42,87 per barel.
  • Kenaikan harga minyak terjadi setelah Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia di dekat perbatasan dengan Suriah. (Kontan.co.id)
  • PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA, Rp1.980, NEUTRAL, Rp2,175) akan segera membagikan dividen interim untuk tahun buku 2015. Nilainya sebesar Rp7 per saham untuk total 5,3 miliar saham. Dengan begitu, jumlah dividen interim yang dibagikan MPPA mencapai Rp37,64 miliar.
  • Dengan membandingkan harga saham MPPA sebesar Rp1.980 per saham, yield dividen interim tersebut sekitar 0,35%. (Kontan.co.id)
  • Saham emiten tambang Grup Rajawali PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT, Rp149), kembali masuk kurungan suspensi Bursa Efek Indonesia (BEI). Perdagangan saham SMMT dihentikan sementara oleh BEI karena ada penurunan harga kumulatif yang signifikan hingga 75,97% dari Rp620 pada 2 November 2015 menjadi Rp149 pada 24 November kemarin. (Kontan.co.id)
  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri ESDM Sudirman Said untuk menjadi penghubung atau penanggung jawab masuknya investasi dari negara-negara Timur Tengah. Dirinya pun berjanji akan mencarikan investor dari negara Timur Tengah yang memiliki potensi untuk mau masuk ke Indonesia. (Okezone.com)
  • PT Dwi Aneka Jaya Kemasindo Tbk (DAJK) melalui anak perusahaannya PT DAJK Portalido mulai merambah ke sektor ritel untuk menigkatkan penjualan di tengah ketatnya bisnis persaingan. Untuk bisa memenangkan persaingan, perusahaan harus bisa melakukan penetrasi pasar.
  • “Kita targetkan bisa menyumbang 30% penjualan kepada PT DAJK dengan kegiatan penetrasi pasar ritel tersebut. Kita akan terus lakukan roadshow ke seluruh Indonesia untuk penetrasi,” tegas Direktur PT DAJK Portalindo Dimas Andri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/11/2015). (Okezone.com)
  • Tahun 2016 mendatang, Kota Bandung akan memulai pembangunan 5 proyek jalan yang terdiri dari underpass dan flyover.Sehingga di akhir tahun 2017, diharapkan titik-titik kemacetan di Kota Bandung sudah mulai berkurang. "Tahun 2016 mendatang Kota Bandung akan mulai pembangunan 5 proyek," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Detik.com)
  • PT Bursa Efek Indonesia memasukkan aktivitas saham PT Bank Pundi Indonesia Tbk (BEKS, Rp76) ke dalam kategori di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA). Saat ini, otoritas bursa juga sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut. (Pengumuman IDX)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here